Sukses

Tak Ada Peran Asing di Kerusuhan Iran

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei tidak mempercayai tuduhan bahwa para pemimpin oposisi bekerjasama dengan agen asing menciptakan kerusuhan di Iran pascapemilu.

Liputan6.com, Teheran: Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei tidak mempercayai tuduhan bahwa para pemimpin oposisi bekerjasama dengan agen asing menciptakan kerusuhan di Iran pascapemilu.

"Saya tidak menuduh mereka dalang kerusuhan dan berkomplot dengan pihak asing, seperti Amerika Serikat dan Inggris, karena isu itu belum terbukti," kata Khamenei yang disiarkan TV Iran. Namun Ia mengatakan tak usah diragukan jika unjuk rasa yang menyebabkan setidaknya 30 orang mati itu, telah direncanakan sebelumnya.
 
Tokoh garis keras meminta agar pemimpin oposisi Mir Hossein Mousavi, Mehdi Karroubi dan mantan presiden Akbar Rafsanjani untuk ditangkap. Mereka menuduh Rafsanjani bekerjasama dengan Amerika Serikat dan Inggris untuk mendestabilisasi Iran. Namun Khamenei mengingatkan tuduhan itu harus disertai bukti.

Kerusuhan di Iran berawal dari pemilu presiden 12 Juni silam. Mahmoud Ahmadinejad kembali terpilih dengan 63 persen suara. Hasil itu ditolak pesaingnya Hossein Mousavi dan meminta penghitungan ulang karena dinilai penuh kecurangan. Pendukung Mousavi kemudian berunjuk rasa yang berujung pada kerusuhan.(DIO)
  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini