Sukses

Pakistan Tangkap Jubir Mehsud

Pasukan Pakistan berhasil menangkap Maulvi Umar, juru bicara pemimpin Taliban Pakistan Baitullah Mehsud.

Liputan6.com, Islamabad: Pasukan Pakistan berhasil menangkap Maulvi Umar, juru bicara pemimpin Taliban Pakistan Baitullah Mehsud. Kematian Mehsud sempat menjadi kontroversi karena Umar pernah membuat pernyataan kontroversial pada media dengan menyebut Baitullah Mehsud masih hidup. Umar juga menepis kabar terjadinya perpecahan dalam tubuh Taliban. Demikian berita yang dilansir Associated Press, Selasa (18/8).

Umar merupakan anak buah Mehsud yang cukup berpengaruh. Ia ditangkap di sebuah desa yang menjadi wilayah suku Mohmand, saat  tengah menuju Waziristan Selatan bersama kedua anak buahnya. "Maulvi Umar kini ditahan dan tengah menjalani proses pemeriksaan," ujar Javed Khan, seorang pejabat di pemerintahan lokal Pakistan. Pemerintah berharap tertangkapnya Umar dapat membuka informasi seputar jaringan kelompok yamg ia pimpin. Dalam upaya menangkap Umar, intelijen Pakistan mendapat bantuan dari sejumlah suku hingga Umar mulai terpojok di wilayah Khawazeo dan akhirnya tertangkap.  

Umar ditangkap lantaran organisasi yang dipimpinnya Tehrik-e-Taliban Pakistan diduga kuat menjadi dalang atas serangkaian pengeboman yang terjadi di Pakistan. Terlebih,  Umar kerap mengaku sebagai pihak yang bertangung jawab atas peristiwa tersebut.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.