Sukses

Kumpulkan Tanda Tangan demi Legalkan Ganja

Sekelompok aktivis di California, AS, berkampanye untuk melegalisasikan ganja. Mereka harus mengumpulkan 430 ribu tanda tangan sebelum November 2010.

Liputan6.com, California: Sebuah kelompok aktivis yang berbasis di Oakland, California, Amerika Serikat, mengajukan permohonan pengabsahan ganja ke pengadilan setempat. Untuk mewujudkan niatnya, mereka harus bisa mengumpulkan 430 ribu tanda tangan sebelum November 2010.

Los Angeles Times mewartakan, Rabu (29/7), kampanye ini dipelopori oleh aktivis Richard Lee. Menurut kelompok Lee, proposal pengabsahan ganja tersebut akan memperbolehkan orang yang berusia 21 tahun ke atas untuk memiliki satu ons ganja. Selain itu, proposal ini juga akan memperbolehkan pemilik ganja untuk menanam ganja dalam jumlah tertentu.

Beberapa bulan terakhir, topik mengenai pengabsahan tumbuhan berbahaya ini memang sudah sering mencuat ke permukaan. Dan kemungkinan, menerapkan kebijakan pajak ganja juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penghasilan Negara Bagian California.

Kendati demikian, belum jelas diketahui berapa banyak orang yang mendukung kebijakan ini. Selain itu masih ada perdebatan mengenai banyaknya dana yang harus dikumpulkan. Beberapa organisasi penyelenggara hukum meyakini pengabsahan tersebut akan mengakibatkan peningkatan angka kriminalitas dan perdagangan narkotik.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.