Sukses

Pakistan Tahan Ulama Juru Damai Lembah Swat

Pakistan menahan Maulana Sufi Mohammad, ulama yang berperan dalam kesepakatan dengan Taliban di Lembah Swat. Ia ditahan bersama ketiga anaknya.

Liputan6.com, Peshawar: Pakistan menahan Maulana Sufi Mohammad, ulama yang berperan besar dalam pencapaian kesepakatan dengan Taliban di Lembah Swat, Senin (27/7). Ia ditahan bersama ketiga anaknya.

Seperti dilansir AFP, Menteri Informasi Provinsi North West Frontier, Iftikhar Hussain mengatakan alasan di balik penahanan Mohammad. "Tindakannya mengindikasikan ia memiliki hubungan yang dekat dengan kelompok Taliban. Kami telah memperingatkannya agar ia menghentikan segala aktivitasnya," ujar dia.

Rencananya, Mohammad akan diinterogasi tim khusus yang dibentuk Menteri Dalam Negeri. Meski belum jelas pengaruh Mohammad, ia telah menjadi perantara kesepakatan penerapan hukum Islam di wilayah Lembah Swat. Namun wilayah tersebut sempat bergolak kembali setelah militer Pakistan melancarkan serangan guna mengusir kelompok Taliban dari wilayah tersebut. Diduga, serangan itu dilancarkan atas tekanan Amerika Serikat yang tidak menghendaki keberadaan kelompok Taliban di sana.

Sementara itu, Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani mengatakan, pasukan pemerintah berhasil mendesak kelompok  militan. Termasuk di wilayah Lembah Swat.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini