Sukses

Peringatan Seabad Penerbangan Bleriot XI

Penerbangan untuk memperingati 100 tahun ekspedisi Louis Bleriot melintasi kanal Inggris sukses dilakukan seorang pilot Prancis.

Liputan6.com, Calais: Seorang pilot Prancis, Edmond Salis, mencoba mengulang kembali ekspedisi udara yang dilakukan Louis Bleriot seratus tahun lalu. Salis, Sabtu (25/7), terbang melintasi kanal Inggris, dari Pantai Calais, Prancis menuju Dover, Inggris. Untuk itu, ia membuat replika pesawat yang benar-benar menyerupai Bleriot XI lengkap berbahan kayu dan mesin yang kemampuannya setara dengan mesin pemotong rumput.

Dalam aksinya, Salis mengenakan kostum persis pilot masa itu, lengkap dengan selendang di leher. Sekitar 500 orang di Pantai Calais berharap cemas saat Salis mencoba menerbangkan pesawat. Lima jurnalis kemudian mengekor dengan pesawat lain untuk merekam penerbangan ini. Salis sukses mendarat di Dover setelah terbang selama 40 menit, meski catatan waktu ini sedikit lebih lambat dari Bleriot yang melakukannya dalam waktu 38 menit.

Aksi penerbangan tersebut hanya salah satu acara untuk memperingati 100 tahun penerbangan Bleriot. Yang lain termasuk pesta kembang api dan manuver udara oleh Bleriot XI lainnya. Bleriot XI adalah pesawat buatan tahun 1908, yang dirancang dua insinyur Prancis, Louis Bleriot dan Raymond Saulnier.(TES/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.