Sukses

Taliban Klaim Panglimanya Masih Hidup

Juru bicara Taliban di Pakistan, menyatakan panglima kelompok itu masih hidup dan ada di Lembah Swat.

Liputan 6.com, Lembah Swat: Kelompok Taliban mengklaim Maulana Fazlullah, panglima mereka di Lembah Swat, Pakistan, masih hidup. Disangkal pula laporan yang menyatakan Fazlullah cedera. Sebelumnya, tentara Pakistan mengatakan Fazlullah terluka akibat serangan udara dalam operasi militer di wilayah barat laut Pakistan tersebut.

Juru bicara Taliban, Muslim Khan mengatakan, Kamis (23/7) waktu setempat, Fazlullah saat ini tidak kurang suatu apa pun. Tak hanya Fazlullah, semua pemimpin Taliban di Lembah Swat sehat. Namun mereka bersembunyi.

April silam, tentara Pakistan melancarkan serangan setelah kelompok militan tersebut melanggar perjanjian perdamaian. Bahkan, Taliban masuk hingga wilayah 100 kilometer dari Islamabad, ibu kota Pakistan.

Adapun Fazlullah dianggap sebagai dalang puluhan pengeboman bunuh diri dan serangan gerilya terhadap sasaran sipil dan pemerintah. Fazlullah dan pengikutnya telah dua tahun mencoba memberlakukan syariat Islam di Lembah Swat. Pakistan kemudian menawarkan hadiah enam miliar rupiah bagi informasi yang membuahkan tertangkapnya Fazlullah.

Sementara itu, sejumlah pejabat Pakistan mengungkapkan, sekitar 350 ribu dari hampir dua juta penduduk yang mengungsi akibat pertempuran di Pakistan bagian barat laut telah pulang ke rumah mereka. Pemerintah juga mengatakan kembalinya mereka ke rumah karena mendapatkan informasi yang jelas.(ANS/BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini