Sukses

Negara-negara Arab Larang Orang Tua Berhaji

Negara-negara Arab melarang orang tua, anak-anak, dan pengidap sakit kronis melaksanakan ibadah haji, menyusul merebaknya penyebaran virus A H1N1. Arab Saudi tak akan membatasi jumlah jamaah haji dan umrah.

Liputan6.com, Kairo: Negara-negara Arab melarang orang tua, anak-anak, dan pengidap sakit kronis melaksanakan ibadah haji. Keputusan ini terkait dengan penyebaran virus A H1N1 penyebab flu babi. Juru bicara Badan Kesehatan Dunia (WHO) Ibrahim al-Kerdani mengatakan keputusan tersebut harus disahkan semua menteri kesehatan, termasuk pemerintah Arab Saudi. "Akan ada kelompok yang dikeluarkan dari ibadah haji: orang yang berusia 65 tahun, orang yang berusia di bawah 12 tahun, dan orang yang menderita sakit kronis," kata Kerdani seperti dikutip Reuters di Kairo, Mesir, Rabu (22/7).

Sehubungan dengan keputusan ini, Menteri Kesehatan Arab Saudi Abdullah Ar-Rabeeah mengatakan jumlah jamaah haji dan umrah tak akan dibatasi. Namun, jumlahnya diperkirakan bakal lebih sedikit. "Kami tak akan mengubah persentase bagi negara mana pun. Kami mengubah peraturan tertentu," kata Ar-Rabeeah.

Sementara, Direktur Regional WHO Hussein Gezairi percaya Arab Saudi mampu menangani penyakit menular di antara jemaah haji. "Pemerintah Arab Saudi memiliki pengalaman panjang sekarang, karena Arab Saudi setiap tahun menerima antara 25 dan 30 kasus kolera dan tak ada wabah yang terjadi," kata Gezairi.(ANTARA/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini