Sukses

AS Siap Berunding Soal Nuklir dengan Korut

Amerika Serikat mengaku siap melakukan pembicaraan dengan Korea Utara soal isu nuklir di tengah upaya Washington masih menekan Pyong Yang soal program nuklirnya.

Liputan6.com, Seoul: Meski Amerika Serikat (AS) masih menekan Korea Utara (Korut) soal progam nuklir. Washington menyatakan siap melakukan pembicaraan dengan Pyong Yang. Hal itu disampaikan Utusan AS, Kurt Campbell, Sabtu (18/7), saat berkunjung ke Korea Selatan (Korsel).

Campbell yang juga menjabat sebagai Asisten Menteri Luar Negeri Untuk Asia Timur dan Pasifik, menyatakan bahwa hal itu baru dapat dilakukan jika Korut mau meninggalkan ambisi program nuklirnya. "Dalam kondisi yang mendukung kami siap melakukan pembicaraan dengan Korut, asalkan negara tersebut meninggalkan program nuklirnya," ujar Campbell.

Kendati demikian, belum jelas format pembicaraan yang ditawarkan AS. Terdapat dua opsi pembicaraan yakni menggunakan bentuk pembicaraan langsung atau menggunakan kerangka pembicaraan enam negara yang selama ini telah berlangsung. Seperti dikutip Associated Press, Campbell direncanakan akan bertemu dengan sejumlah pejabat Korsel, hari ini. Pertemuan itu akan disusul pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korsel, Senin mendatang guna membicarakan isu nuklir.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.