Sukses

Xinjiang Memanas, Presiden Cina Pulang Lebih Cepat

Presiden Cina, Hu Jintao, mempersingkat kunjungannya ke Italia lantaran semakin panasnya situasi di Xinjiang, Cina, akibat pertikaian antaretnis.

Liputan6.com, Beijing: Presiden Cina, Hu Jintao, memutuskan untuk mempersingkat kunjungannya ke Italia, dalam rangka menghadiri Konferensi G8, lantaran pecahnya kerusuhan etnis di Xinjiang, Cina. Hu bertolak kembali ke Cina, Rabu (8/7) pagi. Menurut rencana, Konferensi G8 akan dibuka Rabu ini. Meski Cina bukan negara anggota G8, namun banyak pembicaraan dalam konferensi tersebut terkait dengan Cina. Selama berkunjung ke Italia, Hu telah bertemu dengan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi.

Sebelumnya, Selasa kemarin, pertikaian etnis kembali pecah di Urumqi, ibu kota Xinjiang. Kali ini ribuan orang dari etnis Han bersenjatakan galah, pisau dan senjata rakitan menyerbu jalanan pusat kota. Untuk membubarkan massa, polisi Cina menembakkan gas air mata dan menerapkan jam malam. Unjuk rasa itu diduga sebagai unjuk rasa tandingan yang dilakukan etnis Uighur yang memprotes penahanan ribuan orang Uighur pasca kerusuhan, Minggu lalu.(AFP/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.