Sukses

Organisasi Negara-Negara Amerika Depak Honduras

Menyusul terjadinya kudeta terhadap Presiden Manuel Zelaya pekan lalu, anggota Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) sepakat mengeluarkan Honduras dari keanggotaan blok tersebut.

Liputan6.com, Washington DC: Organisasi Negara-Negara Amerika (OAS) memutuskan mengeluarkan Honduras dari blok itu dalam sidang khusus Majelis Umum di Washington DC, Amerika Serikat, Sabtu (4/7) malam waktu setempat. Dari berita yang dilansir ANTARA, keputusan itu sebagai reaksi terhadap kudeta militer yang menggulingkan Presiden Manuel Zelaya, pekan lalu.

Sebanyak 33 dari 34 anggota organisasi Amerika Raya itu bertindak berdasarkan Pasal 21 dari Piagam OAS yang memberikan hak bagi negara-negara anggota untuk menangguhkan keanggotaan sebuah negara yang bertindak tidak konstitusional dan "tidak demokratik". Serta apabila "usaha-usaha untuk mengatasi situasi melalui jalur diplomatik gagal".

Sementara Zelaya, yang diasingkan oleh para pemimpin kudeta, menyatakan niatnya untuk pulang ke negaranya, Ahad ini. Namun, para pemimpin Katolik di Honduras memperingatkan satu bentrokan berdarah akan terjadi jika Zelaya pulang ke negaranya [baca: Massa Pro-Zelaya Lanjutkan Demo].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini