Sukses

Sekutu Zelaya Kecam Kudeta Honduras

Para sekutu Presiden Manuel Zelaya di Amerika Latin ramai-ramai mengecam kudeta yang terjadi di Honduras. Mereka mendesak tentara segera mengembalikan kekuasaan Zelaya.

Liputan6.com, Caracas: Berbagai reaksi muncul terkait kudeta yang dilakukan tentara Honduras terhadap Presiden Manuel Zelaya. Presiden Venezuela Hugo Chavez, Presiden Bolivia Evo Morales, dan mantan pemimpin Kuba Fidel Castro mengecam keras tindakan para tentara yang dinilai menghalangi jalannya proses demokrasi. Selain itu Duta Besar Nikaragua untuk Organisasi Negara Benua Amerika (OAS) meminta agar pasukan militer segera mundur dan menyerahkan kembali kekuasaan Zelaya.

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton juga turut mengungkapkan keprihatinan mereka dan menuntut pelaku kudeta dihukum.

Sementara itu sepucuk surat dilayangkan ke dewan kongres Ahad (28/6) menyebutkan surat pengunduran diri Presiden Zelaya. Dalam surat tertulis Zelaya mengundurkan diri karena merasa gagal mencegah kerusuhan terjadi dan juga alasan kesehatan. Namun, hal itu dibantah keras Zelaya yang menuding surat tersebut palsu.(TES/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.