Sukses

Pemilu Iran Tidak Dibatalkan

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, Majelis Pengawas Iran, mengatakan tidak menemukan kecurangan signifikan yang dapat membatalkan hasil pemilu presiden 12 Juni silam.

Liputan6.com, Teheran: Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, Majelis Pengawas Iran, mengatakan tidak menemukan kecurangan yang signifikan. "Karena itu tidak akan ada pembatalan hasil pemilu presiden," ujar Abbas Ali Kadkhodaei, Juru Bicara Majelis Pengawas Iran, Selasa (23/6).

Pengumuman ini dikeluarkan satu hari setelah Majelis Pengawas menemukan adanya ketidakberesan di 50 distrik pemilihan. Termasuk adanya hasil yang melebihi suara terdaftar. Pengumuman itu sekaligus semakin menegaskan posisi hasil pemilu 12 Juni silam yang dimenangkan Mahmoud Ahmadinejad secara mutlak [baca: Teheran Kembali Memanas].

Dukungan atas hasil pemilu juga datang dari Ayatollah Ali Khamenei. Pemimpin tertinggi Iran ini berpidato pada Jumat lalu di Universitas Teheran [baca: Pemimpin Tertinggi Iran Dukung Hasil Pemilu].

Sebelumnya pemimpin oposisi Iran, Mir Hossein Mousavi, menyerukan agar pemilu presiden dibatalkan dan diadakan pemilu ulang. Mousavi dan pendukungnya menuduh pemilu presiden banyak diwarnai kecurangan. Untuk menekan pemerintah Mousavi dan pendukungnya mengadakan serangkaian unjuk rasa yang sedikitnya menelan korban 17 orang tewas.(ANS/Associated Press)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini