Sukses

Ledakan di Kirkuk Tewaskan Puluhan Orang

Puluhan warga tewas ketika sebuah bom meledak usai salat zuhur di Kirkuk, Irak. Kejadian ini dikhawatirkan bisa memicu kekerasan antarsuku.

Liputan6.com, Kirkuk: Duka dan tangis pilu warga Irak pecah di kawasan Taza, dekat Kirkuk, Irak utara, Sabtu (20/6) siang waktu setempat. Puing-puing rumah hancur berserakan mengubur keluarga dan kerabat tercinta mereka. Kawasan ini memang baru saja dilanda ledakan bom dahsyat usai salat zuhur. Delapan rumah hancur akibat ledakan yang meninggalkan sebuah lubang besar.

Sedikitnya 30 orang tewas seketika dan malam tadi jumlah korban tewas bertambah menjadi 63 orang. Sementara 182 korban yang menderita luka-luka langsung dilarikan ke rumah sakit. Jumlah korban diperkirakan masih mungkin bertambah karena upaya pencarian korban yang diduga masih terkubur di balik puing masih berlanjut.

Situasi di Kirkuk yang kaya minyak memanas karena warga Kurdi menginginkan wilayah itu masuk ke dalam wilayah semi otonomi mereka. Namun, keinginan itu ditolak warga etnis Arab dan Turkomen yang tinggal di kawasan itu. Masalah ini dikhawatirkan bisa memicu kekerasan antarsuku.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.