Sukses

BRIC Serukan Reformasi IMF

Para pemimpin negara yang tergabung dalam BRIC mendesak IMF untuk lebih akomodatif terhadap keragaman.

Liputan6.com, Yekaterinburg: Para pemimpin negara yang tergabung dalam BRIC (Brasil, Rusia, India, dan Cina) bertemu di Yakaterinburg, Rusia, Senin (16/6). Mereka mendesak Dana Moneter Internasional (IMF) agar lebih akomodatif terhadap keragaman. Presiden Rusia Dmitry Medvedev, Perdana Menteri India Manhoman Singh, Presiden Cina Hu Jintao, dan Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva, juga berseru pada komunitas internasional agar menjaga stabilitas sistem perdagangan, membatasi proteksionisme, dan mereformasi lembaga-lembaga keuangan dunia.

Kendati muncul kritikan atas dominasi dolar Amerika Serikat (AS), sebagaimana dilansir Associated Press (AP), pertemuan ini mengesampingkan isu tersebut. Meski demikian, keempat negara sepakat mendorong terciptanya tata dunia baru yang lebih adil, guna mengimbangi dominasi AS dalam menyelesaikan berbagai persoalan dunia. (ROM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.