Sukses

Warga Iran di Luar Negeri Protes Hasil Pemilu

Tak hanya di dalam negeri, warga Iran di luar negeri pun memprotes hasil pemilu yang dimenangkan kandidat incumbent Mahmoud Ahmadinejad. Mereka menuntut surat suara dihitung ulang.

Liputan6.com, Paris: Ratusan warga Iran di Perancis mendatangi kedutaan besar Iran di Paris. Mereka memprotes hasil pemilu yang dimenangkan kadidat kubu konservatif yang masih menjabat, Mahmoud Ahmadinejad.

Warga menuntut dilakukannya penghitungan ulang surat suara. Demonstrasi yang terjadi sejak Sabtu lalu ini telah mendesak pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, untuk memerintahkan penghitungan ulang surat suara terbatas.

Selain itu, warga Iran di Jerman kembali memadati jalanan di depan kedutaan besar Iran di Berlin, Jerman. Pengunjuk rasa juga meminta penghitungan ulang, karena merasa suara mereka telah dirampas.

Aksi serupa juga digelar warga Iran di Amerika Serikat. Mereka berunjuk rasa di depan markas PBB di New York, Amerika Serikat, sebagai bentuk dukungan pada rekan mereka di Iran.

Sebagian pengunjuk rasa menyatakan tak ingin tinggal diam. Pasalnya, menurut mereka hasil pemilu seharusnya dimenangi tokoh oposisi, Mir Hossein Mousavi.(VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.