Sukses

Korban Meninggal di Skotlandia Buktikan Epidemi Global

Meninggalnya Jaqueline Fleming akibat flu babi setelah dirawat di RS Royal Alexandra, Paisley, Skotlandia, membuktikan flu babi telah menjadi epidemi global.

Liputan6.com, Paisley: Jaqueline Fleming dipastikan meninggal akibat flu babi setelah dirawat di Rumah Sakit Royal Alexandra, Paisley, Skotlandia, baru-baru ini. Ini adalah kasus kematian pertama akibat virus H1N1 di luar Benua Amerika, sekaligus menunjukkan flu babi sebagai epidemi global seperti yang telah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Inggris Raya tercatat sebagai wilayah paling parah yang dilanda flu babi dibanding negara Eropa lain. Dengan tambahan 61 kasus baru yang dilaporkan pekan silam, jumlah kasus flu babi di Inggris menjadi 1.226.

Di Korea Selatan, petugas kesehatan Kota Suwon menjemput 21 warga Australia untuk dikarantina berpengawasan intensif. Langkah ini ditempuh karena salah satu dari anggota tim Lacrosse Australia itu terjangkit flu babi.

Sejauh ini, jumlah kasus flu babi di Korsel mencapai 61 kasus. Sementara jumlah kasus flu babi dunia, menurut catatan WHO menyentuh angka 29.699 kasus yang tersebar di 74 negara dengan 145 di antaranya meninggal.

Perkembangan flu babi yang cepat di segenap penjuru dunia mendorong WHO menetapkan status pandemi. WHO juga meminta semua negara meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan penularan dan jumlah korban yang bertambah [baca: WHO Naikkan Status H1N1 Menjadi Pandemi].(ZAQ/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini