Sukses

Menara Tertinggi Semakin Tinggi

Kelompok perusahaan milik Pangeran Arab Saudi akan membangun menara setinggi satu kilometer di Jeddah, Arab Saudi. Menara ini lebih tinggi dari Burj Dubai, menara tertinggi saat ini.

Liputan6.com, Riyadh: Kelompok perusahaan milik Pangeran Arab Saudi, Alwaleed bin Talal menyatakan pada Sabtu (14/6), telah menandatangani kesepakatan dengan Perusahaan Emaar dari Dubai, untuk melakukan mengembangkan dan mengawasi pembangunan menara setinggi satu kilometer di Jeddah, Arab Saudi.

Seperti yang dilansir kantor berita ANTARA, Menara Kerajaan dan Kota Kerajaan Jeddah akan berdiri di atas bangunan seluas 23 juta meter persegi, dan berisi pusat komersial, tempat tinggal dan ruang kantor di lahan seluas 530 hektare di dekat bandar udara internasional Jeddah. Proyek bernilai US$ 26,6 miliar tersebut akan berupa gedung pencakar langit yang berbentuk seperti jarum, lebih tinggi dari bangunan lain yang telah berdiri dan sedang dibangun di dunia.

Gedung tertinggi saat ini adalah Burj Dubai, yang menjulang di Keamiran Dubai di sebelah timur Arab Saudi, dengan ketinggian 800 meter. Gedung ini belum selesai, dan sedang dibangun oleh Emaar.

Menara Kerajaan tersebut pertama kali diungkapkan pada 2003, dan pada 2007 kelompok perusahaan itu mengumumkan bahwa perusahaan pembangunan yang berpusat di AS, Bechtel, akan mengawasi proyek tersebut. Namun menurut laporan industri, Bechtel menarik diri awal tahun ini. (LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini