Sukses

Gaji Menggiurkan Jadi Penyebab

Kisah pilu Nirmala Bonat dan Siti Hajar tak menyurutkan niat warga Indonesia mengadu nasib di Malaysia. Tawaran gaji besar menjadi penyebabnya.

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Lima tahun lalu, Nirmala Bonat menjadi korban kekerasan majikannya di Malaysia. Tenaga kerja asal Indonesia itu disetrika serta disiram air mendidih. Luka fisik Nirmala kini sudah membaik, meski luka batinnya mungkin terus membekas. Setelah Nirmala, kasus serupa menimpa Siti Hajar. Masalah Siti belum selesai. Ia akan bergabung dengan 150 TKI lain di pusat penampungan di Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur. Di sini banyak yang sudah berbulan-bulan menanti penyelesaian kasus yang beragam.

Kisah Nirmala dan Siti tidak menyurutkan niat warga Indonesia mengadu nasib di Malaysia. Saat ini, ada sekitar dua juta TKI di Negeri Jiran. Terbesar dibanding jumlah TKI di negara-negara lain. Tawaran gaji yang menggiurkan, sekitar Rp 1,6 juta untuk pembantu rumah tangga, menjadi penyebabnya. Lagi pula, mau kerja apa di dalam negeri? Kata mereka. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2009, ada sekitar 9,25 juta orang jadi pengangguran di Indonesia.(BOG/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.