Sukses

Karya Michelangelo? Belum Tentu

Penyelidikan dilakukan di Italia untuk memastikan apakah sebuah patung benar-benar dibuat Michelangelo. Pasalnya, beberapa ahli berpendapat bahwa patung seharga jutaan dolar tersebut bukan karya asli seniman kondang itu.

Liputan6.com, Roma: Penyelidikan resmi dilakukan di Italia untuk memastikan apakah patung Yesus benar-benar dibuat oleh Michelangelo. Sebelumnya, patung dari kayu tersebut dibeli oleh pemerintah Italia seharga 4,5 juta dolar Amerika Serikat.

Karya seni berukuran 40 sentimeter itu menggambarkan penyaliban Yesus Kristus, meski salibnya sendiri sudah hilang. Menurut pemerintah Italia, anatomi dan lekuk tubuh patung tersebut memiliki ciri khas karya seniman Michelangelo. Namun para ahli lain mengatakan bahwa detail patung tersebut kurang jelas dan tak ada dokumentasi yang mencatat bahwa patung itu adalah karya Michelangelo.

Menindaklanjuti kontroversi tersebut, sebuah Komisi Audit lantas melakukan penyelidikan untuk mencari tahu apakah pemerintah telah menghabiskan uang dengan bijak untuk karya seni tersebut.(BBC/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini