Sukses

Petani Jepang Memasarkan Semangka Kotak

Para petani di Jepang meluncurkan semangka berbentuk kotak. Tokyo dan Osaka pun "gempar". Semangka unik ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp 1 juta per buah.

Liputan6.com, Tokyo: Buah semangka berdaun sirih. Itu, sih, bukan berita lagi. Sudah lama orang Indonesia tahu bahwa almarhum Broery Marantika melantunkan lirik tersebut dalam lagunya. Kini, ada yang lebih aneh dan nyata ketimbang syair lagu tersebut. Sejak Kamis (14/6), Jepang "gempar" lantaran ada buah semangka yang tak lazim: bentuknya kotak seperti dadu besar.

Itulah sebabnya, sejumlah warga Negeri Sakura cukup terkejut ketika di sejumlah etalase supermarket dipajang dan diperjualbelikan semangka berbentuk ajaib tersebut. Sayang, untuk memiliki semangka unik ini perlu mengeluarkan uang banyak. Soalnya, harga per buah mencapai 10.000 ribu yen atau US$ 83. Bila dirupiahkan, sekitar Rp 1 jutalah. Harga yang mahal ini membuat para konsumen mengurungkan niat untuk membeli.

Semangka berbentuk segi empat ini adalah hasil olahan petani di Prefektur Kagawa, sebelah barat daya Pulau Shikoku. Sebenarnya, bentuk asli semangka ini bulat. Namun, untuk menyesuaikan dengan bentuk baru, selama pertumbuhannya, semangka ini dimasukkan ke dalam wadah kotak kaca berbentuk segi empat.

Ide membentuk semangka kotak ini cukup sederhana: agar buah manis dan banyak airnya itu lebih mudah dimasukkan ke kulkas. Kini, jangan heran bila di Tokyo dan Osaka akan terlihat banyak semangka kotak-kotak di etalase buah. Dua kota besar di Jepang ini menerima pasokan sampai 400 buah lebih. Maklum, hasil panen kali ini diperkirakan melebihi produksi rata-rata tahun sebelumnya.(RSB/Jsi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini