Sukses

Menyusuri Pasar Motor Gelap di Cina

Daerah di Chongcing, Cina, adalah pusat dari perdagangan motor Cina dengan harga murah. Hanya dari sebuah kios kecil dapat ditemukan beberapa tipe motor Cina.

Liputan6.com, Cina: Di kawasan Glodok Harco, Jakarta Pusat, pengunjung dapat mengetahui pemasaran komputer jangkrik dengan harga murah. Hal tersebut juga berlaku di pasar perakitan motor Yen Cing Khang, Chongcing, Cina. Namun, di tempat itu yang dipasarkan adalah motor Cina jangkrik.

Dari informasi yang diterima SCTV, baru-baru ini, Mo Pe She Cang atau pasar perakitan motor Yen Cia Khang terletak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Chongcing. Pasar dengan luas dua hektare itu terkenal dengan motor murah. Bahkan, kini, sejumlah motor yang ada di pasar itu telah masuk kepasaran Indonesia. Namun, sejumlah kios di tempat itu relatif berukuran kecil.

Motor jenis bebek dapat dibeli dengan harga 2500 Jer Mi Pi atau sekitar tiga juta rupiah. Sedangkan untuk tipe yang lebih besar, harganya relatif lebih mahal. Tetapi masih tetap murah dibandingkan dengan harga motor merek terkenal.

Kendati kios terlihat sederhana, namun, para pemilik kios juga memiliki pabrik sendiri yang biasanya terletak di pinggiran kota. Contohnya, Chongcing Changming Motorcycle Manufacture yang memproduksi motor bermerek Ugly Duck. Selain model, motor Cina produksi mereka tak kalah dibandingkan motor Cina dari industri besar. Terlebih, soal harga. Sayangnya, kualitas motor rakitan pabrik mereka masih harus diuji kemampuannya.(ORS/Syaiful Halim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini