Sukses

Bencana Wasior Akibat Perubahan Bentuk Tanah

Menteri PU Djoko Kirmanto menegaskan jika penyebab banjir bandang di Wasior bukan karena pembalakan liar. Melainkan adanya evolusi morfologi atau perubahan bentuk tanah.

Liputan6.com, Depok: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto kembali menegaskan jika penyebab banjir bandang di Wasior, Papua Barat, bukan disebabkan pembalakan liar atau illegal logging. Melainkan adanya evolusi morfologi atau perubahan bentuk tanah yang terjadi di lokasi bencana.

Penegasan ini disampaikan Djoko Kirmanto usai membuka jambore Sanitasi di Depok, Jawa Barat, Selasa (12/10). Menurut Djoko, perubahan bentuk tanah yang terjadi berulang-ulang di wilayah datar dan terjal menyebabkan kondisi alam tidak seimbang.

Djoko menambahkan dari foto udara tak terlihat terjadinya pengurangan hutan akibat pembalakan. Sementara itu kondisi terakhir di Wasior dalam tahap tanggap darurat. Pencarian korban meninggal, penanganan korban selamat, dan menjamin ketersediaan air minum dan sanitasi masih menjadi prioritas.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini