Sukses

Megawati: Politik Bukan Sekadar Bagi-bagi Kekuasaan

Dalam pidato politiknya di acara Pembukaan Kongres III Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Kamis (6/4), Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menyatakan, politik lebih utama daripada sekadar bagi-bagi kekuasaan.

Liputan6.com, Sanur: Dalam pidato politiknya di acara Pembukaan Kongres III Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Kamis (6/4), Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menyatakan, kongres III PDI Perjuangan dilaksanakan dalam ingar-bingar yang menguji demokrasi ini mampu mengantarkan bangsa ini ke arah yang lebih baik atau justru ke kekelaman.

Namun, sebagai partai "Kita boleh bangga, di tengah ingar-bingar, konsolidasi internal tetap berjalan," kata Megawati. Setelah Kongres, seharusnya energi lebih banyak dicurahkan untuk bekerja bersama-sama rakyat.

Sebagai kekuatan politik, PDI Perjuangan sedang menghadapi ujian politik, dihadapkan pada pilihan koalisi dan oposisi. "Saya Berduka karena politik kemudian direduksi semata hanya soal memperebutkan kekuasaan, ini meninggalkan inti etik dalam berpolitik," kata Megawati.

PDI Perjuangan belajar dari sejarah, politik lebih utama daripada sekadar bagi-bagi kekuasaan. "PDI Perjuangan bukan antikekuasaan. Tapi, jika harus memegang kekuasan, itu karena kehendak rakyat," ujar Megawati. Demikian pula jika harus menjadi penyeimbang kekuasaan.(YUS/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.