Sukses

Profil Pejabat Setingkat Menteri

Berikut adalah profil singkat pejabat setingkat menteri Kabinet Indonesia Bersatu II yang diumumkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (21/10) malam.

Liputan6.com, Jakarta: Berikut adalah profil singkat pejabat setingkat menteri Kabinet Indonesia Bersatu II yang diumumkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (21/10) malam.

Kepala BIN: Jenderal (Purn) Sutanto

Ketua Dewan Pembina Gerakan Pro-SBY ini pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) sejak 8 Juli 2005 sampai 30 September 2008. Pria kelahiran Comal, Pemalang, Jawa Tengah, 30 September 1950 ini adalah lulusa Akabri (kepolisian) terbaik pada 1973.

Sebelum menjabat Kapolri, Sutanto menjadi Kepala Badan Pelaksana Harian (kalakhar) Badan Narkotika Nasional (BNN). Ia juga pernah menjadi ajudan Presiden Soeharto pada 1995-1998, Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara (2000) dan Kapolda Jawa Timur (17 Oktober 2000-Oktober 2002).


Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) : Gita Wirjawan

Sosok profesional di bidang finansial ini dikenal memiliki pengalaman menangani sejumlah usaha di bidang migas seperti PT Ancora Internasional, konsultan di perusahaan finance investment GP Morgan, dan perusahaan private equity investment GoldmanSach. Ia juga merupakan salah satu komisaris PT Pertamina.


Ketua Unit Kerja Presiden Pengawasan Pengedalian Pembangunan: Kuntoro Mangkusubroto

Pria berusia 62 tahun ini adalah Ketua Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan sejak 22 Oktober 2009. Ia menjabat menteri pertambangan dan energi Indonesia di era Kabinet Reformasi Pembangunan dan juga mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara.

Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Teknik Industri Institut Teknologi Bandung pada 1972. Ia kemudian melanjutkan S2 Civil Engineer di Stanford University dan lulus pada 1977. Lalu S3 Ilmu Teknik Bidang Ilmu Keputusan ITB yang diselesaikan pada 1982.

Pria yang lahir di Purwokerto, 14 maret 1947 ini pernah menjabat sebagai Kepala BRR Aceh-Nias yang bertugas melakukan pembangunan kembali kawasan Aceh dan Nias pascatsunami akhir 2004.(YNI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.