Sukses

Harga Emas Menguat Signifikan

Harga emas berjangka ditutup menguat dan sempat mencapai rekor tertinggi 1.448,60 dolar AS per troy ons, pada perdagangan di bursa Nymex, Jumat dini hari (25/3).

Liputan6.com, Jakarta: Harga emas berjangka dan emas spot bergerak menguat pada penutupan perdagangan di bursa Nymex, Jumat dini hari (25/3). Pada perdagangan tadi malam harga logam mulia ini kembali mencapai rekor tertingginya, meski kemudian cenderung melemah, dan berakhir di bawah level rekor tertinggi.

Harga emas berjangka sempat mencapai posisi rekor tertinggi di level 1.448,60 dolar AS per troy ons Kamis malam (24/3). Kekacauan geopolitik di Libya dan kawasan Timur Tengah serta Afrika Utara, secara umum telah mengakibatkan para pelaku pasar kembali mencari perlindungan terhadap investasinya melalui investasi logam mulia.

Harga emas spot juga mengalami peningkatan hingga mencapai rekor tertinggi pada posisi 1.447,82 dolar AS per troy ons. Emas merupakan aset dengan sarana lindung nilai yang paling diminati di kala kondisi ekonomi yang tidak pasti.

Pada akhir perdagangan dini hari tadi, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman April naik sebesar 8,4 dolar (0,6%) dan ditutup pada posisi 1.446,40 dolar AS per troy ons.

Menurut analisa dari Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting, pergerakan harga emas diperkirakan masih berpeluang melanjutkan kenaikan, mengingat kondisi keamanan di Libya masih menegangkan. Mulai banyaknya jatuh korban jiwa pascapenyerangan militer Sekutu terhadap militer pendukung Moammar Khadafi, membuat kekhawatiran baru akan makin banyaknya korban sipil yang terkena dampaknya. Diperkirakan harga emas akan mengalami pergerakan pada kisaran 1400 – 0 dolar AS per troy ons. (vibiznews.com/mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini