Sukses

Kondisi Sektor Kredit Portugal Terancam, Emas Naik

Harga emas pada perdagangan malam ini tercatat naik menyusul kekhawatiran pasar terhadap kondisi sektor kredit Portugal yang diprediksi kembali negatif. Emas spot naik US$ 4,5 menjadi US$ 1.433,35 per troy ons.

Liputan6.com, Jakarta: Harga emas pada perdagangan Rabu (23/3) tercatat naik. Naiknya harga emas merupakan dampak dari kembali negatifnya sektor finansial Eropa. Ini menyusul adanya kekhawatiran pasar terhadap kondisi sektor kredit Portugal yang diprediksi kembali negatif. Kondisi tersebut dinilai mengganggu rencana Bank Sentra Eropa atau ECB yang akan menaikkan tingkat suku bunga acuan pada April mendatang.

Emas spot naik US$ 4,5 menjadi US$ 1.433,35 per troy ons dengan level support US$ 1.425,78 per troy ons dan level resistant US$ 1.434,52 per troy ons. Naiknya pergerakan emas juga diikuti komoditas logam lainnya. Perak naik 1 persen menjadi US$ 36,635 per troy ons, paladium naik 0,8 persen ke posisi US$ 743,55 per troy ons, serta platinum naik 0,3 persen menjadi US$ 1.744,1 per troy ons.

Menurut analisa dari Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting, pergerakan harga emas diperkirakan masih berpeluang naik mengingat kondisi keamanan di Libya masih menegangkan. Mulai banyaknya jatuh korban jiwa pascaserangan militer Sekutu terhadap militer pendukung Muammar Khadafi membuat kekhawatiran baru akan semakin banyaknya korban sipil terkena dampaknya.(BOG/www.vibiznews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.