Sukses

Mashair Railway Menembus Kepadatan Mina

Untuk mengatasi masalah kemacetan dan kepadatan arus jamaah haji, pemerintah Arab Saudi mulai tahun ini meluncurkan moda transportasi baru yaitu kereta cepat mashair.

Liputan6.com, Mina: Untuk mengatasi masalah kemacetan dan kepadatan arus jamaah haji, pemerintah Arab Saudi mulai tahun ini meluncurkan moda transportasi baru yaitu kereta cepat mashair. Moda transportasi ini menghubungkan tiga tempat suci yakni Arafah-Muzdalifah-Mina dan sebaliknya.

Mashair dirancang bisa mengangkut 72 ribu jamaah per jamnya dengan total sembilan stasiun di tiga kota. Sayang, baru sekitar 30 persen jamaah haji yang diperkenankan menikmati fasilitas ini.

Para penumpang kereta cepat mashair akan diberikan sebuah gelang sebagai pengganti tiket. Gelang juga sebagai tanda jamaah itu naik dan akan turun dari kereta. "Sangat menyenangkan, pelayanan yang mengagumkan," kata jamaah haji asal Srilanka, Hussein.

Kereta cepat ini sangat membantu pergerakan jamaah yang bermaktab di perbatasan Mina-Muzdalifah. Mereduksi waktu tempuh dari kemacetan sekitar lima jam jadi maksimal 20 menit saja.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.