Sukses

Dua Jamaah Haji Terkena Flu Babi

Jamaah calon haji Indonesia diminta menggunakan masker. Hal ini untuk mengantisipasi menularnya wabah penyakit yang diidap dua orang calon haji asal Eropa dan Asia Selatan yang positif terpapar flu babi.

Liputan6.com, Mekah: Jamaah calon haji Indonesia diminta menggunakan masker dan menjaga kebersihan. Hal ini untuk mengantisipasi menularnya wabah penyakit yang diidap dua orang calon haji asal Eropa dan Asia Selatan yang positif terpapar H1N1 (flu babi). "Kami meminta jamaah haji brmasker untuk mencegah tertularnya dengan cepat virus flu babi," kata Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang Kesehatan Chairul Radjab Nasution di Mekah, Sabtu (13/11).

Sebelumnya pada 9 November silam, Harian Arab News mengabarkan Kementerian Haji Arab Saudi memberitakan seorang perempuan asal Eropa berusia 26 tahun dan seorang wanita lain berumur 56 tahun asal Asia Selatan positif terkena influenza A H1N1. Kedua pasien saat ini dirawat di rumah sakit setempat. Kementerian kesehatan Arab Saudi mengklaim dua kasus penyakit menular merupakan yang pertama dalam sejarah pelaksanaan haji di Arab Saudi.

Kementerian kesehatan Arab Saudi akan melakukan serangkaian uji tes kepada para pasien flu babi. Serangkaian tes lengkap tentunya juga akan diberikan para medis kepada pasien flu babi.

Kendati belum mendapat laporan resmi dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Chairul Radjab mengatakan prosedur tetap tetap harus dilaksanakan. Apalagi saat kritis terjadi saat sekitar dua juta jamaah haji berkumpul di Armina. Wabah penyaklit menular tentu akan mudah menyebar. "Kami tidak mau ambil risiko, jamaah calon haji Indonesia harus benar-benar jaga kondisi kesehatan dan mencegah tertularnya penyakit tersebut," ujar Chairul.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.