Sukses

Foke: Keterlibatan Warga Jakarta Sangat Mutlak

Wisatawan ke Jakarta memiliki beragam tujuan, dari mulai mereka yang sekedar jalan-jalan, sampai untuk kepentingan bisnis. Karenanya menurut Gubernur DKI Jakarta, Fouzi Bowo, Jakarta selain sebagai tempat wisata alam dan sejarah, Jakarta sebagai ibu kota juga dituntut memfokuskan diri meningkatkan pelayanan di bidang industri

Liputan6.com, Jakarta: Wisatawan ke Jakarta memiliki beragam tujuan, dari mulai mereka yang sekedar jalan-jalan, sampai untuk kepentingan bisnis. Karenanya menurut Gubernur DKI Jakarta, Fouzi Bowo, Jakarta selain sebagai tempat wisata alam dan sejarah, Jakarta sebagai ibu kota juga dituntut memfokuskan diri meningkatkan pelayanan di bidang industri MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition).

"Karena itu, Jakarta dituntut memiliki pelayanan yang prima bagi para wisatawan," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, usai menghadiri peresmian wahana baru di Ancol Taman Impian, Jakarta, Selasa (21/6) malam.

Guna mencapai tujuan itu, Foke (panggilan akrab Fauzi Bowo) menghimbau kepada semua stakeholders di Jakarta, agar sekiranya turut terlibat secara aktif membangun ibu kota menjadi lebih baik lagi dari tahun ke tahun, melalui profesinya masing-masing.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat untuk mewujudkan kota Jakarta yang lebih baik merupakan hal yang mutlak dan utama. Seperti melakukan hal-hal yang sederhana misalnya jangan membuang sampah pada tempat yang sudah ditentukan. "Saya berharap agar semakin hari warga Jakarta semakin mencintai kotanya, karena itu dimulai dengan kesadaran terhadap lingkungan," ujarnya.

Sebagai kota terbesar di tanah air, lanjut Foke, tantangan dan problematika tentunya juga lebih rumit dibanding kota-kota besar lainnya. Tapi di tengah heterogenitas masyarakat dengan berbagai latar belakang dan kepentingannya masing-masing, ujar Foke, warga Jakarta terbukti mampu menjaga kerukunan dan stabilitas keamanan ibukota dengan baik.

Foke yakin kepada warga Jakarta, karena sejauh ini warga Jakarta sangat tangguh dalam menghadapi segala problematika kehidupan kota. Meskipun Foke menyadari hingga kini pihaknya belum sepenuhnya dapat memberikan hak-hak warga Jakarta sebagaimana yang diharapkan. Namun hal itu menurutnya sebagai salah satu hal yang menjadi introspeksi dan evaluasi Pemprov DKI Jakarta ke depan di HUT DKI Jakarta ke-484 ini.

"Bagi setiap warga Jakarta, tentu ini akan terkait dengan hak dan kewajiban sebagai warga kota. Dalam konteks hak, banyak warga Jakarta yang merasa haknya belum bisa terpenhi sebagaimana yang diharapkan," ujarnya.

Menurutnya, setiap perayaan ulang tahun Jakarta tentunya ada hal yang digunakan sebagai bahan evaluasi dan introspeksi. Beberapa hal yang belum berhasil atau belum dilakukan, bagi Foke ini merupakan suatu tantangan yang timbul dan perlu diperbaiki. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini