Sukses

Kampung Rawa, Kampung Terpadat di Asia

Dengan lahan seluas 30 hektare, Kampung Rawa di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, mempunyai penduduk 22 ribu orang lebih.

Liputan6.com, Jakarta: Permukiman terpadat di Asia disebut-sebut berada di Jakarta, yakni Kampung Rawa. Hampir tak ada ruang kosong di kampung yang terletak di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Saat ini rumah-rumah sederhana tampak berimpitan, Warga kampung tersebut, muda, tua, kecil, besar, semua menyatu. Nyaris tak ada batas antara rumah, halaman maupun jalan. Semua menjadi satu, sekaligus menjadi tempat bermain, bercengkerama, dan mencari nafkah.

Setiap rumah ukuran kecil, rata-rata 3 x 3 meter. Itu pun dihuni beberapa kepala keluarga dengan penghasilan pas-pasan. Tak mengherankan, bila kemudian timbul beragam masalah di kampung tersebut yang rutin terjadi adalah tawuran antarkampung.

Tentu saja banyak warga tidak ingin Kampung Rawa hanya dikenal sebagai kampung terpadat yang langganan tawuran. Tapi dibutuhkan perhatian dari pemerintah untuk pembinaan warga. Misalnya, memberi mereka bekal agama hingga keterampilan agar menjadi kampung yang produktif.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini