Sukses

Wagub DKI Jamin Soal UN Tak Bocor

Wagub DKI Jakarta Prijanto menegaskan soal UN tahun ini tidak akan bocor. Ia berpesan agar para siswa tidak mempercayai oknum yang menawarkan bocoran soal UN.

Liputan6.com, Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto berkomentar mengenai Ujian Nasional atau UN. Ia berpesan agar para siswa tidak mempercayai oknum yang menawarkan bocoran soal. Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan membagikan paket soal UN secara acak. Pihak sekolah maupun peserta ujian tidak bisa menebak paket mana yang akan diterima.

"Jangan percaya dengan orang-orang yang mengatakan punya kunci jawaban bocoran soal ujian. Tidak mungkin ada yang bisa beri kunci jawaban karena dalam kelas ada lima paket soal dan dibagikan secara acak. Harus percaya diri," ujar Prijanto dalam kunjungan ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 26 Jakarta Timur, Jumat (15/4).

Dalam inspeksi mendadak atau sidak ke beberapa sekolah, Prijanto memastikan sejumlah pihak terkait bekerja secara optimal. Ia berharap faktor pengamanan maupun pengawasan terhadap soal ujian berjalan mulus.

"Master naskah soal ujian nasional ada di Dinas Pendidikan DKI. Di gedung percetakan soal, tidak sembarang orang boleh keluar masuk. Tempatnya dibuat sangat steril, jadi akan menyulitkan oknum yang ingin mengambil soal ujian," jelasnya.

Soal UN akan didistribusikan pukul 06.00 WIB pada hari pelaksanaan. Khusus wilayah Kepulauan Seribu, distribusi soal dilakukan pukul 05.00 WIB atau satu jam lebih awal dibandingkan Jakarta.

Pelaksanaan UN tingkat sekolah menengah atas dimulai 18-21 April 2011, SMK pada 18- 20 April, sekolah menengah pertama pada 25-28 April, dan sekolah dasar dihelat 10-12 Mei mendatang. Sebanyak 122.139 siswa di DKI Jakarta akan mengikuti UN tingkat SMA. Rinciannya, SMA sebanyak 53.937 siswa, madrasah aliyah (MA) 4.679 siswa, SMK 63.382 siswa, dan SMA Luar Biasa sebanyak 141 siswa.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.