Sukses

Hama Ulat Bulu di Jakarta Berbeda

Pemerintah DKI Jakarta membantah peningkatan hama ulat bulu di kawasan Tanjungduren, Jakbar, berasal dari wabah ulat bulu yang melanda Jatim dan sebagian Jateng. Sebab, jenis ulat yang ada di Jakarta berbeda.

Liputan6.com, Jakarta: Ulat bulu yang menyerang sejumlah pohon di kawasan Tanjungduren, Jakarta Barat, ternyata bukan dari jenis sama dengan ulat bulu di Probolinggo, Jawa Timur. Menurut hasil penelitian Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, ulat bulu memang sudah ada di kawasan ini sejak 2007 lalu.

Anomali cuaca yang terjadi saat ini dinilai mempercepat masa siklus perkembangbiakan ulat. "Sangat dipengaruhi oleh cuaca ekstrim. Panas dan kelembaban yang fluktuasinya tinggi akan mempercepat," kata Ipih Ruyani, Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Rabu(13/4).

Dari pantauan, diketahui ada sekitar 30 pohon di Jakarta yang terserang ulat bulu. Untuk mengantisipasi meluasnya serangan hama ulat bulu, petugas khusus pengendali organisme dan tanaman pengganggu akan terus meneliti serta mengambil langkah pemberantasan ulat untuk mencegah serangan meluas [baca: Hama Ulat Bulu Mulai Rambah Jakarta].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini