Sukses

Hama Ulat Bulu Mulai Rambah Jakarta

Fenomena hama ulat bulu, yang menyerang wilayah Probolinggo, Lumajang dan Mojokerto di Jawa Timur, mulai menyerang wilayah Jakarta. Ribuan hama ulat bulu itu, kini terlihat menghinggapi sejumlah pohon cemara di Kelurahan Tanjungduren Utara, Jakarta Barat, Selasa (12/4).

Liputan6.com, Jakarta: Fenomena hama ulat bulu, yang menyerang wilayah Probolinggo, Lumajang dan Mojokerto di Jawa Timur, mulai menyerang wilayah Jakarta. Ribuan hama ulat bulu itu, kini terlihat menghinggapi sejumlah pohon cemara di Kelurahan Tanjungduren Utara, Jakarta Barat, Selasa (12/4).

seperti diberitakan lamaan Beritajakarta,com, Basri, warga Tanjung Duren Utara mengungkapkan, ribuan ulat bulu itu terlihat hinggap di sekitar 30 pohon cemara setinggi 10 meter milik Sudin Pertamanan Jakarta Barat yang terdapat di sepanjang bantaran Kali Sekretaris.

Fenomena ini, telah diketahui warga sejak satu pekan lalu. "Awalnya hanya sedikit, makanya warga pun tidak terlalu peduli. Tapi, kali ini ulat bulunya mencapai ribuan dan terlihat di puluhan pohon di sepanjang Kali Sekretaris," ujar Basri, Selasa (12/4).

Dijelaskan Basri, selama tiga hari belakangan ini, setelah diamati, ternyata ulat bulu itu mirip dengan ribuan ulat bulu yang menyerang wilayah Probolinggo beberapa waktu lalu. Camat Grogolpetamburan, Tadjudin Widodo membenarkan adanya hama ulat bulu yang menyerang puluhan pohon cemara di wilayahnya tersebut. Melalui, Seksi Pertanian dan Kehutanan di kecamatan, pihaknya pun langsung menindaklanjuti laporan warga dengan melakukan penyemprotan insektisida yang berlangsung, sejak Senin (11/4).

Kepala Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Barat, Bambang Wisanggeni menuturkan, pihaknya melalui unit proteksi tanaman dan Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, telah melakukan penyemprotan. Fenomena ini, ditambahkan Bambang terjadi akibat fenomena alam yakni, berkurangnya burung dan semut cangkrang yang selama ini memakan ulat bulu sehingga menjadikan ulat bulu dapat berkembang biak dengan cepat. (ARI) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini