Sukses

Polisi Masih Selidiki Pelaku Bom Utan Kayu

Polisi hingga kini masih menyelidiki penyebab ledakan bom di kantor Radio Utan Kayu 68H di kawasan Utan Kayu, Jaktim. Awalnya paket bom itu hanya berupa kiriman buku yang ditujukan kepada tokoh JIL yang juga Ketua DPP Partai Demokrat Ulil Abshar Abdhala.

Liputan6.com, Jakarta: Polisi hingga kini masih belum mengetahui kelompok atau pihak yang bertanggungjawab terkait ledakan bom di sekitar kantor Radio Utan Kayu 68H di kawasan Utan Kayu, Jakarta Timur, Selasa (15/3). "Kami belum mengetahui siapa pelakunya, petugas masih melakukan penyelidikan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar.

Menurut Baharudin, bom tersebut disimpan dalam sebuah paket buku yang ditujukan kepada tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL) yang juga Ketua DPP Partai Demokrat Ulil Abshar Abdhala. Kapolres Jaktim memerintahkan tempat kejadian perkara ditutup dan segera menghubungi tim penjinak bahan peledak (Jihandak).

Sambil menunggu petugas Jihandak, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur Kompol Dodi Rahmawan yang sudah berada di lokasi kejadian segera melakukan pengecekan. Ia kemudian atas inisiatif sendiri menyiram paket berupa buku itu dengan air. Saat dibuka dengan cuter tiba-tiba terjadi ledakan dan melukai tangan Dodi [baca: Polisi: Korban Ledakan Tiga orang].

Seperti telah diberitakan sebelumnya, paket yang meledak ini diterima Kantor Berita Radio 68H sekitar pukul 10.00 WIB. Awalnya hanya berupa kiriman buku yang ditujukan kepada Ulil. Namun ketika diperiksa polisi paket yang mencurigakan itu meledak. Ledakan membuat suasana Kantor Berita Radio 68H serta kawasan Utan Kayu menjadi ramai [baca: Bom Meledak di Kantor Komunitas Utan Kayu].(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.