Sukses

Kaum Ibu di Marunda Masih Belajar Baca

Sejumlah relawan dengan sabar mengajari para ibu di wilayah Sukapura dan Marunda, Jakut, baca, tulis, dan berhitung. Ibu-ibu ini tak mampu membaca dan menulis karena tidak mempunyai kesempatan mengenyam bangku sekolah.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah ibu di wilayah Sukapura dan Marunda, Jakarta Utara, masih menyempatkan diri belajar membaca, menulis, dan berhitung. Bertempat di kantor RW dan musala di Kampung Poncol, Sukapura, Jakut, para ibu yang kebanyakan sudah berusia lanjut ini belajar membaca dan menulis layaknya anak-anak baru belajar.

Dengan waktu belajar dua kali sepekan, mereka dibimbing para relawan dari warga setempat dan mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta. Ibu-ibu ini mengaku tak mampu membaca dan menulis karena tidak mempunyai kesempatan mengenyam bangku sekolah.

Bagi pengajar target mereka tidak muluk-muluk. Para peserta cukup dapat membaca-tulis dan berhitung saja sudah dianggap lulus. Namun mengajar para peserta berusia lanjut ini, bukan tanpa kendala.

Karena kemiskinan banyak warga masyarakat di daerah ini buta huruf. Tak hanya kaum perempuan, namun juga laki-laki. Tapi, meski kelompok belajar ini juga terbuka untuk kaum pria, tetap saja tidak ada peminatnya dengan berbagai alasan. Saat ini dari 8,3 juta penduduk buta aksara di Indonesia, ada sekitar 5,3 juta kaum perempuan yang masih buta huruf.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini