Sukses

Atasi Macet Casablanca, Jalan Denpasar Akan Dibuka

Pemprov DKI Jakarta akan membuka lima jalur alternatif, untuk mengatasi kemacetan di kawasan Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan yang semakin parah.

Liputan6.com, Jakarta: Kemacetan di kawasan Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan kini semakin parah. Karena itu Pemprov DKI Jakarta akan membuka lima jalur alternatif yaitu jalan Denpasar untuk dilalui pengguna kendaraan menuju Kampung melayu maupun Tanah abang.

Jalan alternatif lainnya adalah Jalan Karet Pedurenan, Jalan Bendungan hilir, Jalan Dukuh Atas, Jalan HR Rasuna Said serta Jalan Saharjo.

Dengan penambahan Jalan Denpasar sebagai jalan alternatif, diharapkan arus lalu lintas di kawasan Casablanca baik yang menuju Kampungmelayu maupun Tanahabang semakin mencair dan meminimalisir kemacetan yang kerap terjadi.

"Rekayasa lalulintasnya sudah ada. Saya sudah perintahkan kepada Kepala Dinas Perhubungan untuk menyosialisasikannya dan terus menginfokannya kepada masyarakat," ujar Fauzi Bowo, seperti ditulis fauzibowo.com.
 
Menurutnya, kemacetan yang sering terjadi lebih disebabkan oleh rendahnya disipin pengguna kendaraan.

"Tentu pembangunan jalan layang itu ada pengaruhnya. Tapi kalau jumlah kendaraan bermotor terus bertambah, apakah tidak akan terjadi kemacetan," kata Fauzi Bowo.

Kepala Bidang Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Novizal menjelaskan pihaknya masih melakukan persiapan teknis di Jalan Denpasar. Dinas PU DKI Jakarta tidak ingin jalan alternartif itu dibangun sama seperti jalan darurat yang dapat dibongkar pasang.

"Pembukaan jalan Denpasar ini, tidak hanya untuk memecah kemacetan. Namun juga untuk memudahkan akses pengguna jalan dari Jalan Rasuna Said ke kawasan Latuharhari, Menteng," jelas Novizal sembari menyebutkan bahwa Jalan Denpasar dapat dibuka paling cepat dalam dua pekan mendatang. (MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini