Sukses

Banjir Lahan Dingin Rusak Lima Dam

Akibat banjir lahar dingin dari puncak Gunung Merapi, tercatat lima dam atau di Kali Apu, Boyolali, Jatim, rusak termasuk salah satu dam yang belum selesai dibangun. Rusaknya beberapa dam menyebabkan akses jalan warga menuju Wonolelo, Magelang, terputus.

Liputan6.com, Boyolali: Salah satu dam atau tanggul di Kali Apu di perbatasan antara Desa Kalakah dan Desa Tologolele-Selo-Boyolali, Jawa Tengah, rusak. Dam rusak setelah diterjang banjir lahar dingin dari puncak Gunung Merapi, baru-baru ini. Sejumlah material batu besar terlihat menyumbat beberapa aliran air di dam.

Tim dari Pemerintah Kabupaten Boyolali mencatat, setidaknya ada lima dam di kawasan Selo yang rusak akibat diterjang banjir lahar dingin. Belum diketahui berapa besar kerugian akibat kerusakan itu.

Banjir lahar dingin juga membuat proyek pembangunan Sabo Dam Pabelan 5 di Desa Tologolele juga terhenti. Bahkan, bagian tengah jembatan tertutup beberapa batu besar dari Merapi. Rusaknya dam yang berada di perbatasan antara Boyolali dengan Magelang ini juga mengakibatkan akses jalan warga terputus.

Warga yang sebelumnya bisa menuju Desa Wonolele, Magelang, dengan hanya Menempuh jarak sekitar tiga kilometer melalui jalur di samping proyek Sabo Dam 5 Pabelan. Kini, warga harus berputar arah sejauh sekitar 10 Kilometer.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.