Sukses

Cegah Banjir, DKI Siapkan Rp 40 M

Pemerintah DKI Jakarta menganggarkan Rp 40 M dalam RAPBD 2011 untuk membangun tanggul di daerah yang sering mengalami rob.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah DKI Jakarta menganggarkan Rp 40 miliar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2011 untuk membangun tanggul di daerah yang sering mengalami rob. "Daerah yang terancam rob itu Muara baru, Celincing, RE. Martadinata, Kamal Muara," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto saat meninjau lokasi rawan rob Kamal Muara, Jakarta Barat, Selasa (16/10).
 
Dia menyatakan, dari keempat daerah tersebut Pemprov DKI akan membangun tanggul pencegah rob sepanjang 1.800 meter yang berakhir di perbatasan Jakarta Barat dan Tangerang.
 
Prijanto mengungkapkan, pembangunan tanggul yang dimulai pada 2011 ini dinilai tidak akan menjadi jalan keluar jika daerah yang rawan diterjang rob di Tangerang. "Persoalannya kalau Tangerang tidak dibangun tanggul, kita (Jakarta) akan tetap kena," katanya.
 
Untuk itu, ia berharap agar Pemda Tangerang juga bisa membangun tanggul dan kerja sama yang baik antara Pemprov DKI dengan Pemda Tangerang. "Kami juga berikan partisipasi dana ke Pemda Tangerang Rp 3 miliar per tahun agar dapat membangun tanggul," ujarnya berharap.
 
Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Kelurahan Kamal Muara Arshan Dedi mengatakan ancaman rob terhadap warga Kamal Muara bukan suatu hal yang baru. Terakhir pada 3 dan 5 Oktober lalu ribuan warga Kamal Muara harus mengungsi akibat diterjang rob. "Pada 3 dan 5 oktober lalu, seribu warga mengungsi akibat diterjang rob setinggi 60 sentimeter," imbuhnya.(APY/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.