Sukses

Ratusan Buruh Berunjuk Rasa di Bundaran HI

Ratusan buruh yang mengatasnamakan diri Komite Aksi Jaminan Sosial berunjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia, Jakpus. Mereka menuntut pelaksanaan UU No 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Liputan6.com, Jakarta: Ratusan buruh yang mengatasnamakan diri Komite Aksi Jaminan Sosial berunjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (10/11) sekitar pukul 10.20 WIB. Menurut salah satu koordinator aksi Yusuf Suprapto, unjuk rasa ini untuk memperjuangkan Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional yang seharusnya sudah dilaksanakan.

Ia menambahkan, para buruh juga menuntut kesejahteraan, khususnya kesehatan. "Jaminan kesehatan buruh tidak ada kejelasan," kata Yusuf. Padahal, menurut dia, buruh merupakan penghasil pajak terbesar. Selain jaminan kesehatan, buruh juga menuntut penghapusan outsourching atau sistem tenaga kerja kontrak, liberalisasi hukum perburuhan, pertahankan nilai pesangon, cuti besar, dan jaminan pensiun wajib untuk pekerja formal.

Yusuf mengatakan, aksi ini diikuti ribuan buruh yang tergabung dalam serikat pekerja di Jakarta, antara lain Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia, LEM SPSI, dan lainnya. Rencananya, setelah semua berkumpul di Bundaran HI, mereka akan jalan kaki menuju Istana Negara.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.