Sukses

Massa PPI Tuntut Lima Poin kepada Obama

Kelima tuntutan tersebut di antaranya jangan menjadikan teroris sebagai alat penjajahan, menarik pasukan AS di Afghanistan, dan menghentikan dukungan AS terhadap Israel.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah demonstran yang tergabung dalam Pelajar Islam Indonesia (PII) tiba di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka berunjuk rasa terkait kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia, besok [baca: Kedubes AS Akan Didatangi Pendemo].

Para pengunjuk rasa itu pun menuntut lima poin kepada pemerintah Washington DC melalui Kedubes AS. Kelima tuntutan tersebut adalah: jangan menjadikan teroris sebagai alat penjajahan, menarik pasukan AS di Afghanistan, hentikan dukungan AS terhadap Israel (Yahudi), menghentikan tekanan terhadap Irak, dan AS harus bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan.

Menurut koordinator aksi, Zulfikar, banyak langkah-langkah AS yang sangat merugikan negara-negara di dunia. "Sebenarnya kami tidak masalah terkait kedatangan Obama ke Indonesia, namun yang terpenting bahwa, Amerika harus tahu kesalahan-kesalahan yang sifatnya mendasar yang telah merugikan negara-negara lain," tegasnya di sela-sela unjuk rasa.

Selama ini, imbuh Zulfikar, Amerika justru menjadikan negara lain sebagai kambing hitam atas tindakan pelanggaran hak asasi manusia yang telah dilakukannya. "Seperti di Irak, Palestina, Amerika selalu melakukan pelanggaran-pelanggaran HAM, dan sampai saat ini AS tidak bertanggung jawab," tegasnya.

Kedatangan Obama yang juga akan melakukan kesepakatan-kesepakatan dengan Indonesia, dinilai hanya akan menguntungkan Negeri Paman Sam. "Bagaimanapun dia (Obama) harus mendengar rakyat di Indonesia, banyak yang harus didengar suara-suara dari rakyat Indonesia. AS harus sadar diri dan tidak arogan, karena kebijakan yang dilakukan untuk kepentingan umat di dunia, malah justru menimbulkan kehancuran global," ujarnya.

Lebih jauh Zulfikar mengatakan, perusahaan-perusahaan seperti PT Exxon Mobil dan PT Newmont hanya mengakibatkan kerusakan ekosistem hayati. Untuk itu, pihaknya berharap, kedatangan Obama nanti, dapat memenuhi lima tuntutan tersebut.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.