Sukses

Semburan Awan Panas Kembali Terjadi

Semburan awas panas dari Gunung Merapi kembali terjadi pukul 11.24 WIB. Semburan ini sempat memicu kepanikan warga yang pagi tadi kembali ke rumah.

Liputan6.com, Sleman: Semburan awas panas dari Gunung Merapi kembali terjadi pukul 11.24 WIB. Sebelumnya semburan awan panas juga terjadi pukul 06.25 WIB. Sebagian semburan awan panas tertiup angin menuju barat daya dan guguran materialnya tersebar, termasuk ke Kali Gendol, Sleman, Yogyakarta. Lava panas juga sudah mulai muncul dipermukaan.

Munculnya semburan awan panas yang untuk kali kesekian untuk hari ini (29/1) sempat membuat warga yang sudah kembali ke rumah pagi tadi menjadi panik. Mereka pun kembali ke zona aman, paling tidak di luar radius 10 kilometer dari Gunung Merapi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi kembali mengimbau masyarakat agar tetap bertahan di tempat-tempat pengungsian sampai batas waktu yang tidak ditentukan [baca: Warga Lereng Merapi Diminta Tetap Menjauh].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.