Sukses

Cuaca Ekstrim di Jakarta hingga Maret 2011

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrim akan melanda Jakarta hingga Maret 2011.

Liputan6.com, Jakarta: Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrim akan melanda Jakarta hingga Maret 2011. Hal itu terkait adanya fenomena global La Nina berskala moderate hingga kuat yang masih dominan.

"Dengan suhu permukaan laut di perairan Indonesia yang masih relatif hangat, potensi curah hujan dengan intensitas tinggi di Indonesia diprediksi akan berlangsung hingga Maret 2011," kata Kepala BMKG Sri Woro Budiyanti Harjono di Jakarta, Kamis (28/10).

Tidak hanya itu, adanya siklon tropis Chaba yang telah berlangsung selama tiga hari juga diperkirakan akan semakin menambah curah hujan musim hujan 2010 ini. "Siklon ini biasanya berlangsung hingga seminggu.Jadi masih sekitar empat hari lagi mengalami kelembaban tinggi," kata Sri.

Curah hujan yang lebih lebat daripada tahun-tahun sebelumnya itu juga diperkirakan akan menimbulkan potensi banjir yang lebih besar dibandingkan biasanya. BMKG menyarankan pemerintah pusat dan daerah, untuk melakukan persiapan-persiapan dalam mengantisipasi hal tersebut.

"Cuaca tahun ini super ekstrim. Lebih dari biasanya. Banjir sepertinya lebih besar karena massa air yang bertambah. Pemda harus siaga," ujar Sri.

Tiga hal penyebab cuaca ekstrim itu dipaparkan Kepala BMKG adalah adanya gangguan di Samudera Pasifik, gangguan di Samudera Hindia, dan kondisi atmosfer Indonesia yang juga mengalami anomali, sehingga kelembaban udara tinggi menyebabkan hujan terjadi hampir sepanjang tahun.(ANT/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini