Sukses

Jakarta Bisa Tenggelam pada 2050

Benarkah Jakarta akan tenggelam? Berdasarkan hasil penelitian Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau (Walhi), tanah Ibu Kota Jakarta terus ambles alias turun setiap tahunnya.

Liputan6.com, Jakarta: Berdasarkan hasil penelitian Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau (Walhi), tanah Ibu Kota Jakarta terus ambles alias turun setiap tahunnya. Pada 2007, sebagian wilayah Tanjungpriok dan Koja sudah mulai terendam air laut, Selasa (28/9).

Jika didiamkan terus, air laut bakal menenggelamkan wilayah Pademangan dan Cilincing serta sekitar Jakarta Utara. Lebih jauh, dapat terus mengarah ke Jakarta Timur dan Jakarta Barat pada 2030. Kondisi semakin memburuk, nyaris separuh Jakarta akan tenggelam 40 tahun ke depan.

Sementara itu, menurut Wakil Gubernur DKI Prijanto Feby Arman, semrawutnya sistem tata kota dan kurangnya pengawasan bangunan menjadi penyebab tenggelamnya Ibukota. Selain itu, penggunaan air tanah yang berlebihan juga membuat kota ini makin ambles.

Walhi setali tiga uang dengan Wagub Prijanto. Dan satu-satunya solusi agar Jakarta tidak tenggelam adalah dengan memperbanyak situ serta ruang terbuka hijau.(ASW/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.