Sukses

Menunggu Jalanan Jakarta Macet Total

Jumlah kendaraan pribadi di Jakarta mencapai 6,4 juta unit. Pada 2015 jalanan di Jakarta diperkirakan akan dipenuhi kendaraan, sehingga tak bisa lagi bergerak.

Liputan6.com, Jakarta: Kemacetan lalu-lintas sudah sangat identik dengan Jakarta. Bahkan, kondisinya kian hari kian memprihatinkan. Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat, pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor sebesar delapan persen, sementara pertumbuhan ruas jalan hanya 0,01 persen per tahun. Artinya, bila tidak diatasi, beberapa tahun lagi bisa jadi saat keluar rumah Anda akan terjebak macet total.

Di tahun 2010, jumlah kendaraan pribadi di Jakarta mencapai 6,4 juta unit, sementara kendaraan umum hanya sekitar 89 ribu unit. Kendati demikian, minat warga Ibu Kota untuk membeli mobil baru tak kunjung surut. Lihat saja di salah satu gerai pameran kendaraan di Jakarta, jumlah pesanan kendaraan baru terus bertambah. Beragam alasan dikemukakan konsumen, mulai dari mencari kenyamanan berkendara hingga karena tak ada pilihan lain.

Belakangan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berwacana akan membatasi jalur sepeda motor di jalan protokol. Namun, kebijakan ini diprotes banyak pihak. Sebagian beralasan, biang kemacetan Jakarta bukan sepeda motor, karena kendaraan ini tidak memakan banyak badan jalan. Yang jelas, solusi memang harus dicari. Sebab, kalau tidak diperkirakan pada 2015 jalanan di Jakarta akan dipenuhi kendaraan, sehingga tak bisa lagi bergerak.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.