Sukses

Nama Mbah Priok Bukan dari Ahli Waris

Tanah makam Mbah Priok sebenarnya sejak 1999 sudah diupayakan pembebasan. Nama Mbah Priok sendiri muncul bukan dari keluarga ahli waris Habib Alhadad.

Liputan6.com, Jakarta: Tim investigasi Palang Merah Indonesia (PMI) menemui mantan kuasa ahli waris makam Mbah Priok Abdullah Alatas di Jakrata, Kamis (7/5). Dari hasil pertemuan ditemukan bukti baru yang cukup mencengangkan. Meski hal ini bukti baru, PMI belum bisa menyimpulkan apapun.

Menurut Abdullah Alatas, makam yang ada sebenarnya bernama Habib Hasan bin Muhammad Alhadad. Nama Mbah Priok justru diberikan orang-orang yang tak bertanggung jawab. Bahkan saat ia memperjuangkan tanah makam tahun 1999, makan sebenarnya sudah tak ada dan hanya ada onggokan batu.

Makam Mbah Priok punya sejarah kuat bagi perkembangan Islam di Batavia. Menurut catatan sejarah, nama Mbah Priok memiliki nama asli Habib Hasan bin Muhhamad Alhadad. Begitu pentingnya Mbah Priok yang lahir di Pelembang 1727 itu sehingga warga rela melawan aparat yang berniat menggusurnya.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.