Sukses

Sterilisasi Jalur Busway Cairkan Kemacetan

Demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang bus TransJakarta, Dishub DKI mensterilisasi seluruh koridor TransJakarta dari kendaraan lain.

Liputan6.com, Jakarta: Warga Jakarta boleh jadi sudah akrab dengan macet yang kian hari bertambah parah. Dan, bisa dibilang juga pemerintah masih belum berhasil mengatasi kemacetan yang ada di Ibu Kota. Padahal, sudah lebih dari enam tahun silam, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencoba mengurai benang kusut kemacetan dengan membuat jalur khusus busway. Tujuannya, tentu saja memberi jasa angkutan yang lebih cepat dan nyaman bagi warga Ibu Kota agar tak terjebak macet.

Tapi, setiap hari, selalu ada saja kendaraan lain yang melintas di jalur khusus TransJakarta, mulai dari sepeda motor hingga mobil pribadi dan angkutan umum. Akibatnya, penumpang TransJakarta tetap terjebak macet, sehingga untuk menempuh perjalanan ke tujuan bagai tak ada bedanya dengan menggunakan kendaraan lain.

Sebenarnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah berupaya mensterilisasi jalur busway. Misalnya, memasang portal manual yang dijaga oleh petugas. Nantinya, secara manual petugas membuka dan menutup portal pada setiap lampu merah untuk mencegah pengguna jalan lain menggunakan jalur busway.

Tahun ini, rencananya portal-portal manual akan diganti menjadi portal otomatis untuk mencegah kendaraan lain masuk jalur khusus bus TransJakarta. Upaya tersebut dilakukan demi bisa mengatasi kemacetan. Semoga upaya ini bisa memberi hasil.(BJK/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini