Sukses

Bus TransJakarta Tak Mengurangi Kemacetan

Operator TransJakarta mengakui beragam kendala ditemui dalam pengoperasian busway, dan berjanji akan melakukan langkah perbaikan.

Liputan6.com, Jakarta: Sejak mulai beroperasi pada Januari 2004, busway terus menjadi sorotan publik. Meski banyak yang mengeluh, sebagian besar masyarakat tetap menjadi pengguna busway, Sabtu (24/4). Salah satu alasannya karena tidak ada pilihan lain yang lebih baik.

Kualitas layanan dan juga minimnya fasilitas bagi penyandang cacat, juga dipertanyakan pengguna busway yang berkebutuhan khusus. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menilai, bus TransJakarta harus bisa mengatur pengoperasian busway supaya berjalan lancar dan transparan.

Menanggapi kritikan masyarakat, Badan Layanan Umum TransJakarta berjanji akan terus memperbaiki kinerjanya. Meski sudah enam tahun beroperasi, kehadiran bus TransJakarta sebenarnya masih belum mencapai sasaran yang semula dicita-citakan, yaitu mengurangi penggunaan mobil pribadi. Kendaraan tetap padat sementara porsi jalan semakin sempit karena keberadaan busway.(IDS/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.