Sukses

Situasi Koja Berangsur Normal

Setelah bentrokan berdarah antara aparat Satpol PP dan massa dari beberapa organisasi masyarakat yang menjaga makam Mbah Priok, kini situasi di Koja, Jakarta Utara, sudah berangsur normal.

Liputan6.com, Jakarta: Dua hari pascabentrokan berdarah di Kompleks Makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara, situasi di sana sudah mulai aman. Berdasarkan pantauan SCTV, Jumat (16/4), beberapa warga sudah mulai beraktivitas seperti biasa. Bangkai kendaraan yang dibakar massa di depan Terminal Peti Kemas Koja, juga sudah tidak terlihat lagi. Situasi jalan raya pun ramai dan lancar.

Pada Rabu pagi silam, awal terjadi kericuhan sudah terlihat dari gerbang makam Imam Arif Billah Hasan bin Muhammad al Haddad yang juga dikenal sebagai makam Mbah Priok. Beberapa warga dan massa dari beberapa organisasi massa (ormas) sudah berjaga di pintu makam.

Padahal, semula suasana masih aman terkendali, bahkan sempat pula terlihat beberapa pemuda penjaga makam sambil bermarawis. Namun di luar gerbang makam, aparat dari Satpol PP sudah bersiap mengeksekusi dengan berbaris di garis depan.

Tanda-tanda akan ada bentrokan mulai terasa saat beberapa warga mulai terpancing dengan keberadaan Satuan Polisi Pamong Praja. Padahal tak jauh dari pintu makam, tokoh masyarakat dan pimpinan ormas berusaha berunding dengan aparat agar suasana tidak memanas. Tapi tampaknya perundingan tersebut berbuah nihil [baca: Darah Mengucur Deras di Tanjung Priok].(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.