Sukses

Mendiknas Sidak ke Sejumlah Sekolah

Mendiknas melakukan inspeksi mendadak untuk mengetahui kesiapan sekolah-sekolah yang akan melaksanakan ujian nasional.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah sekolah di Jakarta, Ahad (28). Mendiknas ingin mengetahui kesiapan sekolah-sekolah yang akan melaksanakan ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama (SMP) besok.

Salah satu sekolah yang didatangi Mendiknas adalah SMPN 30 di Tanjungpriok, Jakarta Utara. Di sekolah itu, Mendiknas sempat memeriksa ruang penyimpanan soal ujian nasional. Mendiknas menyatakan, pihaknya tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas terhadap murid dan pihak-pihak yang melakukan kecurangan.

Sementara itu, kesibukan pendistribusian soal ujian berlangsung di SMPN 19 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Soal-soal ujian itu, akan mulai didistribusikan besok pagi. Persiapan ini dijaga ketat oleh aparat kepolisian untuk mencegah terjadinya kebocoran soal.

Panitia penyelenggara menjamin tidak akan terjadi kebocoran soal karena penjagaan dilakukan selama 24 jam. Selain distribusi soal, sterilisasi ruang ujian juga dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan. Sedangkan di Kendal, Jawa Tengah, sterilisasi dilakukan secara serentak di semua sekolah.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.