Sukses

Dua Unjuk Rasa Digelar di Jakarta

Dua unjuk rasa akan digelar di depan Kantor KPK di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, dan di depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Sebanyak 12 lampu pengatur lalu lintas di Ibu Kota mengalami gangguan.

Liputan6.com, Jakarta: Dua kelompok massa akan menggelar demonstrasi di Jakarta, Kamis (26/11). Berdasarkan informasi dari Traffic Management Center (TMC) Kepolisian Daerah Metro Jaya, aksi pertama berlangsung di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan. Unjuk rasa yang rencananya dimulai sejak pukul 09.00 WIB itu, diikuti kelompok Keluarga Mahasiswa Raya dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND).

Selanjutnya, unjuk rasa akan digelar di depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, sekitar pukul 16.00 WIB. Demo di depan istana itu akan diikuti elemen Jaringan Solidaritas Korban Untuk Keadilan yang terdiri dari sejumlah aktivis hak asasi manusia (HAM) dan kerabat korban pelanggaran HAM di masa lalu.

Jaringan tersebut memang kerap menggelar unjuk rasa yang disebut "Aksi Kamisan". Biasanya kegiatan diisi dengan melakukan aksi diam dan diskusi. "Aksi Kamisan" yang telah berlangsung lebih dari 100 pekan itu, terinspirasi dari gerakan serupa yang pernah dilakukan di Argentina pada masa akhir 80-an hingga dekade 90-an.

Aksi tersebut bertujuan untuk mengingatkan pemerintah agar tidak melupakan nasib para kerabat dan korban dari berbagai peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi di Tanah Air.

Selain unjuk rasa, TMC seperti dilansir ANTARA, juga menginformasikan tentang 12 lampu pengatur lalu lintas di Ibu Kota yang mengalami gangguan. Delapan dari 12 lampu lalu lintas yang rusak tersebut, terdapat di Jakpus, antara lain di perempatan Kramat Bunder, Bungur, dan dekat Kantor PT Buraq.

Lampu lalu lintas lain yang rusak terdapat di Jalan Kepu Selatan, Jalan Gunung Sahari 1, Jalan Gunung Sahari 2, Jalan Gunung Sahari 3, dan dekat Gereja Ayam Pasar Baru. Sementara, di wilayah Jaksel, lampu lalu lintas yang terganggu dilaporkan terjadi di daerah Bulungan dan Halimun. Sedangkan di wilayah Jakarta Barat, lampu lalu lintas yang rusak terdapat di kawasan Green Garden dan Batu Sari.(IAN/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.